PERANAN GURU DALAM MEMAKSIMALKAN PENDIDIKAN

Pendidikan merupakan proses kehidupan yang tak pernah usai bagi kita selaku manusia yang di beri karunia berupa akal karena ilmu Allah takkan pernah habis. Yang selalu menjadi PR kita hari ini dalam dunia pendidikan adalah bagaimana melakukan sebuah inovasi-inovasi baru yang mampu membangkitkan motivasi belajar karena kita tahu belajar membutuhan spirit baik itu yang datangnya dari internal ataupun eksternal seseorang.Dalam hal ini salah satunya mungkin adalah peran aktif dari guru dalam memaksimalkan kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik, serta bagaimana ia mampu mendorong pertumbuhan dan perkembangan peserta didik sesuai kemampuan yang ia miliki secara maksimal, selain memang juga utamanya adalah peran aktif dari peserta didik itu sendiri. Peserta didik yang telah memiliki kompetensi mengandung arti bahwa peserta didik telah memahami, memaknai dan memanfaatkan materi pelajaran yang telah dipelajarinya.
Dengan perkataan lain, ia telah bisa melakukan (psikomotorik) sesuatu berdasarkan ilmu yang telah dimilikinya, yang pada tahap selanjutnya menjadi kecakapan hidup (life skill). Inilah hakikat pembelajaran, yaitu membekali peserta didik untuk bisa hidup mandiri kelak setelah ia dewasa tanpa tergantung pada orang lain, karena ia telah memiliki komptensi, kecakapan hidup. Dengan demikian belajar tidak cukup hanya sampai mengetahui dan memahami.
Peran guru dalam memaksimalkan
kompetensi peserta didik dalam proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh
kompetensi yang ia miliki. Jika kompetensi yang ia miliki baik tentunya
hasilnya pun akan menyesuaikan. Dalam usaha memaksimalkan pencapaian kompetensi
peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran guru harus paham dengan keadaan
peserta didik, mampu memanfaat segala media yang ada disesuaikan dengan
kemampuannya serta kegunaannya, mengolah strategi pembelajaran yang baik dan
membangkitkan minat belajar peserta didik agar selalu berperan aktif dalam
proses pembelajaran.
Di antara peran guru dalam proses
pembelajaran yang mampu memaksimalkan kompetensi peserta didik adalah sebagai
berikut:
1. Guru sebagai Demonstrator
2. Guru sebagai pengelola kelas
3. Guru sebagai mediator dan fasilitator
4. Guru sebagai Evaluator
Tidak ada komentar:
Posting Komentar